// //

Membuat Pakan Ternak dengan Formula Tinggi untuk Sapi dan Kambing

Membuat Pakan Ternak Sapi , Kambing, Domba dengan Formula yang Tinggi

cara membuat pakan sapi, membuat pakan sapi

Pakan Ternak Sapi, Kambing dan Domba - Berternak merupakan salah satu pekerjaan yang mulia dan sudah dilakukan oleh manusia pada zaman dahulu kala. Nenek moyang kita dulu tidak ada yang bekerja kantoran bahkan jadi PNS karena waktu itu masih belum ada gedung kantor dan semacamnya, Pekerjaannya diantaranya hanya melaut, berladang, menanam, dan salah satunya berternak atau memelihara hewan. Entah itu Sapi, Kambing, Domba, Ayam, Babi dan sejenisnya. Dari situlah orang terdahulu mendapatkan penghasilan atau bahkan hanya cukup buat makan untuk bertahan hidup. Akan tetapi itu adalah pekerjaan yang halal dan mulia dan InsyaAllah barokah karena semua yang dilakukan murni dari hati yang ikhlas serta manfaat kekayaan alam sangat berperan penting bagi mereka. Dengan berkebun dan berternak, siklus mutualisme sangat diutamakan, seperti kotoran ternak dijadikan pupuk organik untuk tanaman, kemudian daun-daun hijau dari tenaman tersebut dijadikan pakan ternak .

Cara Mebuat Pakan Ternak Sapi atau Kambing Sendiri

Membuat Pakan Ternak - Dari sanalah akhirnya berkembang yang dulunya berternak hanya untuk bertahan hidup, sekarang dijadikan sebagai hiburan atau hobi dan yang lebih pentingnya lagi dapat menghasilkan pundi pundi rupiah  hingga ratusan juta atau bahkan milyaran rupiah, Amazing bukan?. Tidak hanya orang-orang petani saja yang berternak, sekarang sudah menjadi tren yang luar biasa. Mulai dari pekerja kantoran, Pegawai Negeri Sipil hingga para pemuda yang baru lulus kuliah ikut serta menjadi peternak atau berbudidaya ternak. Lalu apakah tidak akan mengganggu waktu untuk peternak ketika seorang tersebut bekerja kantor atau menjadi pegawai negeri?. Jawabannya adalah tidak. Mungkin dahulu waktu kita habis buat mengurus ternak, sebenarnya mengurus itu dalam artian waktu untuk memberi pakan. Jika pakan telah tersedia, maka cukup hanya memberi saja tanpa perlu repot-repot mencari bahan makanan seperti ngarit ( merumput ) atau mencari daun-daun hijau. Yang menjadi lama adalah jika memberi pakan kepada hewan ternak masih mencari pakan dahulu. Jika sudah tersedia ngapain mencari, langsung saja di berikan ke sapi atau kembingnya.

Tips Cara Membuat Makanan Ternak

Cara Membuat Pakan Ternak - Hal terpenting dalam berbudidaya ternak adalah makanan ternak itu sendiri. sebelum Anda membeli hewan ternak maka Anda harus mempersiapkan pakan ternak terlebih dahulu. Hal ini sangat diperhatikan agar dikemudian hari tidak repot - repot mencari pakan ternak. Kadang ada yang sampai mengambil daun-daun tanaman milik orang untuk dijadikan makanan ternaknya, itu sangat tidak dianjurkan. Jadi yang pertama menyiapkan bahan pakan sesuai jumlah hewan ternak yang akan dipelihara misalkan 10 hingga 100 ekor atau bahkan lebih. Biasanya para pembudidaya ternak menandur ( menanam ) rumput lebih dulu seperti rumput liar, rumput gajah, atau rumput odot. Atau tanaman petai cina ( lamtoro ), kaliandra, dan timbuhan hijau lainnya. Jika sudah siap baru membeli hewan ternak dengan memilih bakalan - bakalan yang super.

Langkah -Langkah Membuat Pakan Ternak Sapi Kambing Domba

Namun seiring berjalannya waktu berternak menjadi sebuah bisnis yang sangat menjanjikan. Penernak tidak perlu menanam atau merumput, karena akan menghabiskan waktu. Maka dari itu biasanya mereka membuat pakan sendiri dari bahan-bahan yang didapat dari sekitar ladang atau sawah. Lalu bagaimana cara membuat pakan ternak sendiri?. Ada dua metode membuat pakan ternak dan masing- masing memiliki kelebihan dan kekurangan yaitu sebagai berikut :

1. Membuat Pakan  Ternak Fermentasi Sapi, Kambing & Domba

Pakan Ternak Fermentasi merupakan metode pemberian pakan yang efektif  dan afisien terhadap waktu, tenaga dan isi kantong. Membuat pakan fermentasi cukup mudah, dalam waktu 1 hari sudah bisa digunakan hingga 1 bulan tergantung banyak bahan. Hanya dengan menggunakan bahan-bahan yang gampang di cari disekitar kita, sudah bisa kita gunakan buat pakan ternak. Akan tetapi memiliki keunggulan dan kelemahan menggunakan pakan fermentasi ini. 

2. Membuat Pakan Ternak Konsentrat Sapi, Kambing atau Domba

Pakan Konsentrat Ternak merupakan pakan yang diolah oleh tenaga ahli dibidang peternakan, tapi apakah kita tidak bisa membuatnya sendiri?. Jawabannya adalah bisa, tergantung dari bahan baku atau komposisi yang ada pada konsentrat tersebut apakan kita telah memilikinya. Pemberian konsentrat ini sangat dianjurkan apa bila berbisnis budidaya ternak Sapi atau Kambing. Karena sangat efektif dalam waktu dan peningkatan berat badan atau bobot Sapi yang kita miliki.